10 Maret 2009

do your plan ! (plant atawa plane,,?!)

Satu hal yang tersisa dari libur 3 hari lalu bagiku adalah : PLANNING

Yeah, karena planning kemarin yang sama sekali blank, akhirnya mbuat jadi lelet, terlalu santai dan lama berkemas2, sampai2 aku lupa bahwasanya kemarin itu adalah akhir dari long weekend, yang berdampak pada terburu2nya semua orang pada ingin kembali ke rutinitas masing2 esok hari, dan itu artinya segenap sarana transportasi akan ramai peminat, segala toko yang menjual buah tangan dan oleh2 akan diserbu pembeli, dan… tentu saja bakalan macet. Plus satu hal lagi yang mbuat makin seru : c.u.a.c.a

Maka diriku yang kemarin dengan santainya menuju ke Stasiun Hall hanya berjarak 1 jam sebelum kereta yang rencananya kutumpangi akan berangkat,belum membeli apapun dan makan apapun (kecuali klappertart) sebab yang terpatri di benakku adalah ‘nanti aja di stasiun’ hanya bisa terpesona melihat manusia2 yang begitu banyaknya, berminat pada tulisan “tersedia karcis berdiri” sampai antriannya meluber ke luar ruang tunggu, yang ketika ku tanya di bagian informasi diberi jawaban : sudah penuh sampai malam kecuali jika tanpa kursi.

Ya sudah, aku pun undur diri dari antrian, menelpon travel langganan yang ternyata sudah fully booked ke Jakarta manapun jam berapapun, mau nelpon travel lain juga … wauw… aku dah lowbatt berat… maka diriku pun menyingkir dari stasiun, mari kita berpetualang di Leuwipanjang … eitz… mampir dulu beli klapper… bersaing dengan ibu2 memperebutkan 9 kotak kue yang tersisa (dia beli 7 euiy!!) --- sepertinya segenap pengusaha kuliner di Bandung lagi panen nih --- dan … berburu dengan awan2 yang sepertinya dari segala penjuru tiba2 merubung kota…

Kriuk .. kriuk … wah, si Ankylostoma, Necator dan rekan2 sedang paduan suara nih… jadi aku sowan dulu ke panyingkul of Pajajaran - Pasir Kaliki. Sedang asyik2nya menyantap si combo dengan 11 bumbu rahasia pilihan … hwa…. Hujan luebat …………………………..!!!!! (jangan2 pake es lagi ya?)

Sudah full tangki, belum reda juga hujannya, padahal waktu terus bergulir… hm… harus pake ajian menerobos hujan nih… ciattt…. Dengan jaket almamater sakti dan payung little kitty-ku yang baru saja berusia 2 minggu, aku pun meninggalkan negeri ayam, dengan gagah berani dan teguh kukuh berlapis baja menyeberang jalan … weitz….air hujan yang mengalir membuat anak2 sungai kecil di sisi jalan ternyata jadi santapan mobil2 yang harus tancap gas mendaki dan memberi tanda mata di kostumku … angin yang tiba2 kuenceng ternyata tak sanggup dihalau oleh payungku yang tiba2 menguncup ke atas … walah, komplit sudah…. Ini dia yang namanya bener2 kepalang basah …. (Lady Rain kok takut ama hujan hehe…)

Akhirnya, setelah melewati banjir di sepanjang jalan (gile… hujan ‘tumpah’ gak sampai setengah jam sudah merendam sepertiga ban angkot) tiba juga di pintu tol Pasir Koja… thank’s God hujannya reda.. Dan bersama puluhan orang lainnya, menunggu bis AKAP berseliweran, dengan berbagai tujuan Purwakarta – Merak – Bekasi -- Sukabumi – Tanjung Priuk – Lebak Bulus – Kali Deres – Cibinong – Medan --… (Medan ??????!!!) – Bogor Depok Rambutan mana ya ….

Pff… hampir satu jam berlalu, Depok n Bogor pada penuh.. dengan berpayung mendung plus petir2nya yang sedikit lagi semakin ganas… akhirnya naik Rambutan deh… ngetem sekitar 20 menitan, maka seiring hujan yang jatuh membasahi bumi Parahyangan, mari kita berangkat … (mari kita tidur…)

Terbangun karena bisnya tiba2 belok keluar tol … plis deh … jangan sampai nih mobil lewat puncak, eh ternyata hanya ngambil penumpang lagi di Padalarang… mari kita lanjut tidurnya… tapi ngeliat rel kereta dulu ah mumpung jalanan agak padat jadi bisnya gak kebut2an … (tapi senjataku ketinggalan..)

Terjaga lagi karena intensitas ayunan semakin lama semakin berkurang, dan tiba2 … berhenti. Apa pasal? Aku melongok ke depan,, what’s up… ??! Rangkaian mobil2 itu pada mogok massal ya? Kompak banget …..???!

Ini dia yang namanya padat merayap… tersendat atau … merangkak ya? Maju 5 meteran, berhenti 1 menit… km 69 ke 66 dilalui lebih setengah jam, saya tiba UKI jam berapa ya? Mana lowbat pula… hujan, lapar, pingin pipis…. Antrian ke rest area sama padatnya dengan yang di jalur utama …. Satu2nya yang bisa dilakukan hanya … sleeping beauty saja sampai Bekasi …

Akhirnya …. Setelah hampir 5 jam ber-bete ria, tiba jugalah di terowongan UKI, disambut dengan hujan yang lumayan membuatku harus buka payung lagi… transit di PGC tuk mengosongkan buli2, lalu ber-kopaja ria ke Kalibata, ngganjal lambung yg kedinginan dengan soto Solo and then… going home to Bojong… uh… it’s a wonderful trip …

(untung today gak jadi janjiannya ya Ochie hehe)

Tiba di rumah, bersin2… dan hampir saja lupa membongkar klappertart yang tinggal sedikit lagi sudah tak berbentuk… alamak…!!!

Tidak ada komentar: