22 Juli 2007

NASIONALISME

jika kita melihat pertandingan sepakbola antara Indonesia melawan Korsel, pada sesi awal disaat lagu Indonesia Raya
dikumandangkan, tampak jelas di layar kaca betapa bersemangatnya suporter bernyanyi, bahkan ada yang terlihat sampai
berlinang air mata, maka siapa yang meragukan besarnya rasa cinta mereka pada bangsa (maksudnya betapa besar cinta
mereka pada tim nasional sepakbola kita....)

tapi itu jika urusannya tentang sepakbola, dimana dunia hanya berkisar pada menggulirkan si kulit bundar kesana kemari
(kenapa juga ada satu benda yang begitu bagusnya sampai dikerumun dan direbuti beramai2??!)
bukannya saya tak suka sama sepakbola, buktinya saya nonton juga, orang2 di rumah juga pada bersorak jika lagi seru,
kan yang main Indonesia ....
(padahal ibu saya heran karena lawannya ternyata bisa juga dari luar negeri he he...)

Nasionalisme, apakah definisinya ....?
saya ingat kata ini, belasan tahun lalu pernah menjadi tema liputan utama di majalah sekolah, yang dikelola oleh para alumni,
tapi sekarang kabarnya sudah almarhum. waktu itu pas mau agustusan, jadinya sepanjang jalan sudah mulai berwarna merah putih ...
seperti sekarang ini....

kalau generasi sekarang ditanya tentang nasionalisme, atau yang sederhana saja jangan bertanya tentang defenisi,
apakah kamu cinta bangsamu ? sudah pasti mereka menjawab iya ---eh, jangan sampai ada yang yang gak jawab, kan sekarang
tak ada lagi penataran P4 ya, produk orde lama ....
lalu wujud cinta pada bangsa itu apa ?

* saya sudah nonton film Indonesia kok ...........
# barang2 yang saya pakai buatan Indonesia lho.........
+ kalau upacara bendera saya selalu hadir....
- dalam prtandingan apapun saya selalu membela tim Indonesia ...
= (setiap hari saya pakai bahasa Indonesia)

apakah hanya sesimpel itu ???
ayo berkaca...

karena sepertinya, di rumah saya film Indonesia masuk rumah hanya jika CD rental kehabisan stok film luar yang dianggap
bagus he he, barang2 dengan brand tertentu masih produk luar sebenarnya (krn yang lokal kualitasnya masih "miring" semiring
harganya) meski sudah ada pabrik di Indonesia, dan segala tetek n\bengek laennya ,,,

tapi jika ditanya, tentu sayapun menjawab, bahwa saya cinta Indonesia....

yang lain bagaimana ? barangkali yang tidak cinta bangsanya, karena bangsa ini tak mencintai mereka ...
entahlah ...... WHO KNOWS....

Tidak ada komentar: