18 Juli 2007

KOMERSIALISASI SAMPAH DI JERMAN

Hari ini saya membaca di salah satu harian ibukota, yang sepertinya sudah telat saya baca sekitar10 hari, gak sempat (karena malas) tentang bagaimana Jerman mendaur ulang sampahnya sejak masih di tingkat rumah tangga. Sampah apa saja, limbah RT, kimia, tekstil, elektronik bahkan mobil !! (gile bener …) dan itu sudah berlangsung sejak tahun 70-an….

(kira2 negara kita kapan ya seperti itu ….)



Bagi Jerman yang nota bene sejak jaman dahulu kala memang sudah makmur itu hal yang wajar saja, dan dari jerih payahnya itu mereka bisa berhemat sampai berjuta2 euro… (dalam kurs rupiah apalagi). Tapi Indonesia ? boro2 masalah sampah, mengurus perut penduduknya saja masih belum becus ….



Sebenarnya karena kita belum sanggup mengurus sampah kita sejak masih di tahap awal juga ada baiknya bagi sebagian kecil masyarakat yang memakai sampah itu sebagai tempat untuk mengais rejeki, yaitu para pemulung. TPA (tempat pembuangan akhir, bukan t4 penitipan anak lho) adalah sumber nafkah bagi mereka, dan bukan main2, kadang mereka (pengumpul maksudnya) berpendapatan yang setara dengan pegawai kantoran !

Tidak ada komentar: